Cara Membuat Diagram di Excel

2 min read

cara membuat diagram di excel

Cara Membuat Diagram di Excel – Microsoft Excel merupakan salah satu software milik Microsoft Coporation yang menjadi satu bagian dengan microsoft word, powerpoint dan lainnya dalam Microsoft Office.

Berbicara mengenai excel, tidak lepas dari yang namanya data dan angka. Ya, excel dikenal dengan sebutan program pengolah angka karena kegunaannya untuk mengolah data berupa angka.

Selain mengolah data berupa angka, excel juga mempunyai manfaat lain yaitu bisa digunakan untuk membuat sebuah diagram. Dalam excel telah disediakan berbagai jenis diagram yang bisa digunakan antara lain diagram kolom, diagram batang, diagram garis dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan memberitahukan tentang cara membuat diagram di excel dengan cepat dan gampang. Namun sebelum membahas tentang cara membuat diagram, sebaiknya kalian tau terlebih dahulu fungsi dari setiap diagram yang ada di excel.

Baca Juga : Cara Mengurutkan Data di Excel

Jenis-Jenis Diagram di Excel

Diagram di excel memiliki berbagai jenis yang bisa digunakan. Setiap jenis diagram memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung penggunaannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa jenis diagram.

1. Diagram Kolom (Column Charts)

Diagram yang satu ini cocok untuk membandingkan suatu data atau menunjukkan suatu perubahan pada suatu data dalam beberapa waktu tertentu.

2. Diagram Garis (Line Charts)

Jenis diagram ini cocok untuk memaparkan data yang berkelanjutan (continous data) dan juga untuk mengidentifikasi suatu pola ataupun tren sangat efektif dengan menggunakan diagram yang satu ini.

3. Diagram Lingkaran (Pie Charts)

Diagram lingkaran ini biasanya digunakan untuk menunjukan jumlah suatu data atau item secara proporsional.

4. Diagram Batang (Bar Charts)

Untuk membandingkan beberapa data atau item biasanya menggunakan diagram batang. Misal, untuk membuat diagram tentang pertumbuhan penduduk di suatu wilayah dalam rentang waktu beberapa tahun.

5. Diagram Permukaan (Surface Charts)

Untuk mencari kombinasi dari dua rangkaian data secara optimal, diagram yang satu ini sangat cocok untuk digunakan.

6. Diagram Stock (Stock Charts)

Selanjutnya ada diagram stok. Diagram yang satu ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu fluktuasi harga stok.

Cara Membuat Grafik di Excel

Setelah kalian tau jenis-jenis dan fungsi dari diagram, kali ini admin akan menjelaskan tentang cara membuat grafik di excel dengan mudah. Sebenarnya membuat sebuah diagram di excel caranya hampir sama di semua versi excel. Untuk langkah-langkahnya sendiri kalian bisa simak artikel berikut ini.

Langkah Pertama: Mempersiapkan Data

Sebelum membuat sebuah diagram, hal pertama yang harus disiapkan adalah data yang akan dibutuhkan untuk sebuah diagram. Sebelum kalian membuat sebuah diagram, kalian buat atau siapkan terlebih dahulu data dalam bentuk tabel yang akan diubah ke dalam bentuk diagram.

cara membuat diagram di excel

Langkah Kedua: Membuat Diagram

1. Setelah kalian buat data dalam bentuk tabel, blok atau seleksi seluruh data yang akan kalian buat diagram.

cara membuat diagram di excel

2. Kemudian kalian masuk ke menu Insert, pada kolom Chart kalian bisa pilih diagram yang kalian inginkan dan butuhkan.

cara membuat diagram di excel

3. Maka otomatis diagram akan terbentuk sesuai dengan data yang kalian miliki.

cara membuat diagram di excel

Langkah Ketiga: Merubah Tampilan Diagram

Sejujurnya sampai langkah kedua pun, kalian sudah berhasil membuat sebuah diagram sederhana di microsoft excel. Namun demikian, kalian bisa memodifikasi tampilan default diagram tersebut. Untuk memodifikasi tampilan diagram, kalian simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Mengganti Judul Diagram

Kalian bisa mengganti judul diagram kalian hanya dengan double klik pada text box Chart Title.

cara membuat diagram di excel

2. Merubah Elemen Diagram

Ini dimaksudkan, jika kalian ingin menampilkan atau menyembunyikan struktur yang ada pada diagram kalian. Caranya pun gampang, kalian tinggal klik ikon / tanda tambah pada pojok kanan atas diagram.

3. Merubah Gaya Diagram

Jika kalian ingin merubah gaya tampilan dari diagram yang kalian buat, kalian bisa mengubahnya di kolom Chart Styles. Disitu disediakan banyak gaya tampilan diagram yang bisa kalian pilih sesuai selera.

4. Merubah Warna Diagram

Selain itu, kalian juga bisa merubah warna dari diagram kalian. Kalian hanya perlu klik Change Colors pada menu Design.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Excel

Demikianlah pembahasan tentang cara membuat diagram di excel. Gampang bukan? Semoga ini membantu kalian yang ingin bisa membuat diagram di excel.

2 Replies to “Cara Membuat Diagram di Excel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *