Cara Mengurutkan Data di Excel

2 min read

cara mengurutkan data di excel

Cara Mengurutkan Data di Excel – Apakah kalian ingin tahu dan bisa cara mengurutkan data baik dalam bentuk angka, teks ataupun tanggal dan waktu di program microsoft excel?

Saat kita berhadapan dengan kolom dan baris data di excel yang mencapai ratusan bahkan sampai ribuan, adakalanya kita butuh untuk menyortir atau mengurutkan data tersebut agar lebih terorganisir dan terlihat lebih rapi.

Biasanya data yang disortir atau diurutkan adalah data-data yang berupa :

  1. Data angka (dari angka terkecil sampai ke yang terbesar atau sebaliknya)
  2. Data teks (dari huruf A ke Z atau sebaliknya)
  3. Data format tanggal dan waktu (dari yang terlama ke terbaru atau sebaliknya)
  4. Data format sel (misal warna fill background atau warna font)

Baik itu untuk satu kolom / baris bahkan sampai beberapa kolom / baris data sekaligus.

Mengurutkan data berdasarkan custom list yang kalian buat sendiri juga bisa dilakukan dengan menggunakan microsoft excel.

Lalu bagaimana cara mengurutkannya? Bagi kalian yang ingin tau cara mengurutkan data di excel, kalian bisa simak tutorialnya berikut ini.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Excel

Cara Mengurutkan Data dengan Cepat di Excel

Mengurutkan atau menyortir sebuah data bisa membantu kalian untuk memahami suatu data yang kalian punya dengan lebih baik, tertata serta dapat menemukan data yang kalian butuhkan dengan cepat, sehingga kalian bisa membuat keputusan yang lebih baik dan juga lebih efektif.

Cara mengurutkan data dengan cepat adalah sebagai berikut.

  1. Pilih salah satu cell yang berisi data yang akan diurutkan.
  2. Terus kalian pilih menu Data, kalian lihat pada kolom Sort & Filter.
  3. Jika ingin mengurutkan data secara Ascending (dari data yang paling kecil ke yang paling besar) kalian pilih icon Sort A to Z.
  4. Jika ingin mengurutkan data secara Descending (dari data yang paling besar ke yang paling kecil) kalian pilih icon Sort Z to A.

Peringatan Saat Mengurutkan Data di Excel

Saat kalian ingin mencoba untuk menyortir data di excel, kalian mungkin akan menerima pesan peringatan yang mengkonfirmasikan bahwa ada range data yang tidak ikut terseleksi, sehingga tidak akan ikut untuk disortir.

Peringatan ini biasanya akan muncul saat kalian menyeleksi sebagian data dan ada beberapa kolom yang dianggap memiliki relasi dengan kolom yang sedang kalian sortir. Jika pilihan salah, akan menyebabkan data kalian berantakan.

Kalian bisa memilih cancel untuk membatalkan penyortiran data dan mengulanginya dari awal atau kalian bisa memilih opsi “Expand the selection” untuk memperlebar tabel penyortiran atau mengikutkan kolom dan baris lain yang masih terkait dengan data.

Jika kalian yakin bahwa kalian hanya akan mengurutkan kolom dan baris terseleksi saja kalian bisa pilih opsi “Continue with current selections”.

Mengurutkan Data Excel Tingkat Lanjut

Selain dengan pengurutan cepat, kalian juga bisa menggunakan opsi pengurutan data excel lebih lanjut dengan menggunakan tombol perintah Sort.

Dengan ini kalian bisa memanfaatkan pengurutan tingkat lanjut untuk mengurutkan satu atau beberapa kolom sekaligus berdasarkan warna font, warna cell atau icon cell jika kalian menggunakannya.

Custom sort ini juga ada manfaat untuk melakukan sortir dengan case yang sensitif atau peka terhadap huruf besar kecil serta mengurutkan data dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Untuk melakukan custom sort ini, kalian lakukan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pilih dan klik bagian mana saja yang ada di area tabel data kalian.
  2. Pilih menu Data, kemudian klik Sort.
  3. Akan muncul kotak diloag custom sort muncul, atur sesuai dengan keinginan kalian atau yang kalian butuhkan.
  4. Klik OK untuk menyelesaikannya.

Baca Juga : Pengertian Excel

Demikian tutorial cara mengurutkan data di excel. Mungkin ini kurang lengkap, untuk kelanjutannya mungkin pada artikel berikutnya.

Cara Membuat Bagan di Excel

admin
2 min read

Cara Membuat Diagram di Excel

admin
2 min read

2 Replies to “Cara Mengurutkan Data di Excel”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *