Cara Membuat Watermark di Word

2 min read

cara membuat watermark di word

Cara Membuat Watermark di Word – Kalian pernah dengar istilah Watermark? Ya, Watermark atau yang disebut dengan tanda air dalam Bahasa Indonesia adalah cara penyembunyian atau penyamaran suatu gambar, video atau teks ke dalam data digital lainnya.

Misal, kalian membuat sebuah teks di word, kemudian ada teks lainnya dibelakang teks yang dibuat tadi. Tetapi teks yang berada dibelakang tersebut tidak terlihat jelas atau hanya samar-samar saja. Itulah yang disebut dengan Watermark.

Bagi sebagian orang membuat sebuah watermark adalah agar hasil karyanya tidak diduplikat oleh sembarang orang. Tetapi watermark sendiri tidak hanya berfungsi sebagai copy right saja, melainkan banyak manfaat dan fungsi lain dari watermark.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan membahas cara membuat watermark di word. Selain itu kita juga akan bahas sedikit tentang fungsi, manfaat dan juga tujuan dari penggunaan watermark ini.

Memang ada beberapa orang yang menggunakan Photoshop atau software edit lainnya untuk membuat watermark. Tetapi kalian bisa membuatnya dengan menggunakan word, karena lebih praktis dan juga gampang.

Langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Bullet and Numbering di Word

Manfaat dan Tujuan dari penggunaan Watermark

Watermark yang ada di Microsoft Word bukan hanya untuk menempelkan sebuah teks samar di dalam dokumen. Akan tetapi, watermark sendiri memiliki manfaat dan juga tujuan tertentu yang berguna. Lantas apakah manfaat dan tujuan dari watermark? Berdasarkan dari sumber yang terpercaya, watermark memiliki 4 manfaat dan juga tujuan, berikut adalah manfaat dan tujuan dari watermark.

1. Tamper-proofing

Tujuan yang satu ini adalah tanda bahwa dokumen yang asli sudah diubah, untuk itu diberi sebuah watermark sebagai pertanda bahwa dokumen sudah mengalami perubahan dari yang asli. Sehingga orang lain yang membaca dokumen tersebut, akan mengetahui bahwa dokumen tersebut sudah ada perubahan.

2. Feature Location

Dengan adanya sebuah watermark, maka hal tersebut juga bisa mengidentifikasi atau menandakan isi dari sebuah dokumen. Selain mengidentifikasi isi dari sebuah dokumen, kalian juga bisa mengetahui sumber atau asal dari dokumen tersebut.

3. Annotation / Caption

Untuk manfaat yang satu ini adalah memberi sebuah keterangan mengenai dokumen yang sudah diberi oleh watermark.

4. Copyright-Labelin

Kalau manfaat yang satu ini mungkin sudah banyak dari kalian yang tahu, dimana watermark berfungsi sebagai label hak cipta dari sebuah dokumen.

Cara Membuat Watermark

Setelah kita bahas tentang manfaat, fungsi dan juga tujuan dari watermark, kini saatnya kita bahas cara membuat watermark. Perlu kalian ketahui bahwa pada microsoft word ada 4 jenis / tipe watermark yang bisa kalian pilih.

Untuk tipe yang pertama adalah Confidential atau yang bersifat rahasia. Disini kalian bisa memilih teks untuk watermark yang bersifat rahasia. Contohnya adalah confidential atau do not copy.

Untuk tipe yang kedua adalah Disclaimer dengan teks berupa draft dan sample. Tipe yang ketiga adalah tipe yang bersifat penting atau urgent. Disini kalian bisa membuat watermark untuk keperluan bahwa dokumen tersebut penting.

Untuk tipe yang terakhir adalah custom, dimana kalian bisa membuat sebuah watermark sesuai dengan keinginan kalian.

Untuk cara membuatnya, kalian bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Langkah pertama kalian buka terlebih dahulu dokumen yang ingin kalian beri watermark. Setelah dokumen tersebut terbuka, kalian masuk ke menu Design > Watermark.

cara membuat watermark di word

Kalian tinggal pilih watermark mana yang akan kalian pilih, disini saya akan contohkan membuat watermark confidental, maka saya akan memilih confidental.

cara membuat watermark di word

Bila sudah diklik, maka otomatis watermark akan terpasang pada dokumen tersebut.

cara membuat watermark di word

Cara Menghapus Watermark

Setelah kalian bisa membuat sebuah watermark, kalian juga harus bisa menghapus watermark tersebut. Untuk cara menghapus sebuah watermark, kalian bisa ikut langkah-langkahnya berikut ini.

Buka dokumen yang sudah diberi watermark tadi. Setelah terbuka, kalian masuk ke menu Design > Watermark.

Setelah itu kalian klik Remove Watermark, maka semua watermark yang ada di dokumen tersebut akan hilang.

Baca Juga : Cara Membuat Bingkai di Word

Itulah sedikit ulasan tentang cara membuat watermark di word dan juga cara menghapusnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

3 Replies to “Cara Membuat Watermark di Word”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *