Cara Membuat Footnote di Word

2 min read

cara membuat footnote di word

Cara Membuat Footnote di Word – Bagi kalian seorang pelajar atau mahasiswa, kalian wajib mengetahui cara membuat footnote. Karena jika kalian membuat tugas seperti makalah atau skripsi, footnote sering dianggap sebagai komponen yang vital.

Footnote atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Catatan Kaki adalah daftar keterangan tambahan yang diikut sertakan dibagian bawah halaman dokumen. Pada umumnya, footnote memberikan sebuah keterangan yang menjelaskan sumber kutipan.

Tapi, apakah kalian tahu cara membuat footnote di word? Kalau kalian masih bingung dan belum tahu cara membuatnya, berikut ini admin akan berikan tutorial cara membuat footnote di word.

Baca Juga : Cara Membuat Rumus di Word

Fungsi Penulisan Footnote

Penulisan sebuah footnote tentu memiliki banyak fungsi yang penting dalam pembuatan sebuah karya ilmiah. Berikut ini beberapa fungsi dari penulisan footnote yang perlu kalian ketahui!

  • Memiliki tujuan untuk menghargai sumber kutipan yang dikutip sehingga terhindar dari tuduhan plagiat dan para pembaca bisa mengetahui sumber dari kutipan yang dicantumkan tersebut.
  • Digunakan sebagai bukti bahwa informasi yang ditulis ini merupakan sebuah informasi yang valid, memiliki sumber yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Memiliki fungsi untuk memberi sebuah keterangan dan juga penjelasan tentang sumber kutipan penyusunan daftar bacaan pada sebuah karya ilmiah agar bisa dimengerti oleh para pembaca.
  • Menunjukan sumber referensi lain agar para pembaca bisa mengetahui dengan lebih jelas mengenai istilah yang digunakan.

Jenis Footnote

Ada 2 jenis footnote atau catatan kaki yang bisa digunakan dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Berikut ini adalah jenis footnote yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan.

1. Footnote / Catatan Kaki Lengkap

Jenis footnote yang satu ini ditulis secara lengkap dengan mencantumkan nama pengarang, judul buku, nama, nama penerbit, nomor seri, tahun terbit hingga nomor halaman.

2. Footnote / Catatan Kaki Singkat

Sesuai dengan namanya, footnote singkat ini ditulis pendek atau singkat dan memiliki 3 macam jenis seperti dibawah ini.

  • Ibidium atau Ibid yang memiliki arti “sama dengan diatas”. Jenis ini ditulis untuk footnote yang sumbernya sama dengan footnote yang tepat diatasnya. Ditulis dengan huruf besar, digaris bawahi, diikuti dengan tanda titik (.) dan juga koma (,), kemudian nomor halaman.
  • Opere citato atau Op.cit yang memiliki arti “dalam karya yang telah dikutip”. Jenis footnote yang satu ini digunakan untuk footnote dari sumber yang pernah dikutip, tetapi sudah disisipi footnote lain dari sumber lain. Untuk penulisannya dimulai dari nama pengarang, kemudian op.cit nomor halaman.
  • Loco citato atau Loc.cit yang memiliki arti “tempat yang telah dikutip”. Penulisan Loc.it hampir sama dengan Op.cit, tetapi kutipan berasal dari halaman yang sama. Untuk penulisannya adalah nama pengarang loc.it (tanpa nomor halaman).

Unsur Penulisan Catatan Kaki

Meskipun nampak sederhana, akan tetapi footnote tidak bisa ditulis secara sembarangan. Sebab footnote memiliki sejumlah unsur yang harus dipenuhi agar penulisan footnote memenuhi syarat.

Unsur-unsur penting yang harus diperhatikan dalam membuat footnote bisa kalian simak dibawah ini.

  • Nama Pengarang atau penulis dituliskan secara lengkap tanpa menambahkan gelar yang dimiliki oleh penulis.
  • Judul harus ditulis dari sumber yang dikutip dengan memperhatikan sumber yang jelas. Dan jangan lupa untuk menggunakan ejaan yang benar.
  • Tahun Penerbitan dicantumkan sesuai dengan tahun tertib buku tersebut. Kalau pada jurnal menggunakan istilah tahun publikasi.
  • Nomor Halaman dicantumkan sesuai dengan nomor halaman kutipan yang diambil dari buku agar dapat mempermudah mencari kutipan tersebut. Nomor halaman ditulis dengan “hal” singkatan dari halaman dan nomor halaman kutipan tersebut.

Cara Membuat Footnote

Setelah kalian tahu fungsi, jenis dan unsur dari footnote, selanjutnya adalah cara membuatnya di word. Kalian simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Cara Membuat Footnote dengan Tombol Shortcut

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard. Caranya adalah.

  • Letakan kursor dibelakang kata atau kalimat yang akan disisipi footnote
  • Kemudian kalian tekan tombol Alt + Ctrl + F pada keyboard
  • Setelah itu kalian ketikan footnote yang ingin kalian masukan

2. Cara Membuat Footnote melalui Menu Bar

Selain dengan tombol kombinasi, kalian juga bisa membuatnya melalui menu References. Untuk caranya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Buka dokumen word yang akan kalian beri footnote. Letakan kursor dibelakang kata atau kalimat yang akan dibubuhi footnote.

Setelah itu masuk ke menu References, kemudian klik Insert Footnote.

cara membuat footnote di word

Lalu, tulis footnote yang akan dimasukan. Untuk membuat footnote kelanjutannya, ulangi langkah-langkah diatas, kemudian isi footnote tersebut.

Baca Juga : Cara membuat Watermark di Word

Itulah sedikit pembahasan tentang cara membuat footnote di word. Semoga ini bisa menjadi acuan atau pedoman kalian dalam membuat footnote dan semoga ini bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih.

3 Replies to “Cara Membuat Footnote di Word”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *